ALUR DATA

sharing and learning

Cara Merubah DNS Name di Mikrotik – Domain Name System (DNS) merupakan sebuah sistem yang berbasis distibute database dan digunakan untuk mencari name resolution di dalam jaringan. Selain itu DNS juga digunakan untuk menerjemahkan nama domain ke sebuah ip address.

Dalam Implementasinya DNS memerlukan program client yang dapat menghubungkan setiap komputer dengan server DNS. Program ini dikenal dengan nama resolver. Resolver ini akan mengirim request ke name server berupa queris.

Name server akan mengirim permintaan ke local database DNS. Jika request yang diinginkan tidak ada maka akan dilihat file database dimain yang dimiliki server. Jika masih tidak ditemukan, server akan menghubungi server DNS lain.

Lalu apa hubungannya DNS dengan mikrotik. Pada kasus kali ini sebenarnya tidak sedetail atau tidak serumit yang dibayangkan. Artikel kali ini akan lebih tertuju pada cara merubah dns di mikrotik yang nantinya akan mempermudah kita ketika hendak login ataupun log out.

Beberapa orang mungkin pernah mengalami ketika hendak login hotspot tetapi halaman login page yang ditunggu – tunggu tidak kunjung muncul. Ketika hal ini terjadi, seringkali kita langsung mengetikkan ip gateway dari hotspot tersebut untuk segera bisa membuka login page. Misalnya alamat gateway hotspot A adlaah 11.11.10.254 maka tinggal ketikkan ip tersebut di browser maka secara otomatis login page akan terbuka. Akan tetapi tidak sedikit orang merasa malas menggetikkan ip address, mereka lebih suka mengetikkan nama domain. Nah untuk itu mikrotik bisa merubah ip tersbut ke nama domain. Selain itu bisa juga untuk sarana pemasaran (bagi yang mengomersialkan hotspotnya), misalkan : diarta.net (pemilik dari ISP Diarta net)

Untuk mengubah nama dimain di mikrotik tidak lah sudah. Berikut alur merubah nama domain di mikrotik :

Buka mikortik, lalu masuk IP – Hotspot – Server Profile

dns_mikrotik_
Name : tidak usah diganti default saja
Hospot address : isikan ip gateway hotspot anda
DNS name : isikan nama dns yang anda inginkan. PENTING, nama yang tertera harus domain seperti diarta.com, diarta.net, diarta.co
HTML directory : directory login page yang akan diload ketika pertama kali anda masuk

Setup pun selesai, sekarang kita lihat hasilnya ketika pertama kali login hotspot.

5. login page

Sekarang jika anda ingin lagin maka tampilan yang tertera buka lagi ip address melainkan nama domain tersebut. Silakan Mencoba 🙂

Incoming search terms:

  • speedtest mikrotik ganti nama (1)
  • cara merubah nama isp (1)
  • Cara mengubah nama hotspot di mikrotik (1)
  • cara mengubah domain hotspot (1)
  • cara mengganti nMa hospot di mikrotik (1)
  • cara mengganti nama hotspot mikrotik (1)
  • cara mengganti nama hotspot di mikrotik (1)
  • cara mengganti dns name di mikrotik dengan winbox (1)
  • cara login ip menjad domain (1)
  • cara ganti nama hosport mikrotik (1)
Mikrotik