ALUR DATA

sharing and learning

Favorite icon atau biasa disebut favicon adalah sebuah gambar kecil (icon) yang berada di address bar dalam suatu website yang berfungsi untuk menjelaskan logo dari suatu website. Favicon juga sering disebut dengan shortcut icon, website icon, URL icon, dan juga bookmart icon.

Cara Membuat Favicon Di WordPress

Microsoft merupakan perusahaan pertama yang memperkenalkan favicon ke masyarakat. Mereka menggunakan favicon pada salah satu produk andalan mereka, Internet Explorer 5. Pemakain favicon pada masa tersebut sangatlah menarik karena mereka dapat membookmart suatu page, suatu hal yang sangat aneh untuk masa kini karena sekaang semua browser sudah mendukung format bookmart tanpa favicon.

Perbedaan yang paling jelas antara website yang menggunakan favicon dan yang tidak menggunakannya adalah pada kemudahan dalam pengenalan website itu sendiri. Bayangkan jika kita membuka 10 tab website dalam satu browser, tentu akan lebih mudah mengenali website yang mempunyai favicon.

Pertanyaan disini adalah bagaimana kita membuat favicon sendiri. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Pada kasus kali ini saya menjelaskan cara membuat favicon pada wordpress self hosting karena saya pribadi adalah pengguna wordpress.

Berikut alur membuat favicon di wordpress

1. Siapkan gambar icon dengan ukuran 16 x 16 pixel atau 32 x 32 pixel (ukuran rata – rata favicon)

2. Sisipkan script berikut di header.php

Keterangan :
<link rel=”icon” type=”image/png” href=”http://yourdomain.com/wp-content/themes/namathemes/image.png” />

Warna merah : nama dan jenis extension bisa diganti sesuai keinginan anda
Warna biru : sesuai nama domain anda
Warna hijau : sesuai dengan nama tema anda

  • Untuk menambahkan link tersebut silakan masuk ke Apperance – editor lalu pilih header

header

  • Sisipkan link tersebut disini

header 4

  • Klik upadate pada bagian kiri bawah editor

JIKA TIDAK BISA

  • Jika tidak ada tombol update silakan menggunakan cara kedua yaitu masuk langsung ke directory theme yang ingin anda tambahkan favicon dengan menggunakan winscp. Pertama edit file header.php

header 5

  • Sisipkan link tersebut disini

header 6

  • Save lalu refresh

 

3. Copy gambar/icon yang ingin dijadikan favicon

Buka winscp lalu copy file image.png (file yang sudah disiapkan pada langkah 1) disebelah ki ke sebelah kanan (dalam kasus ini nama favicon saya adalah  image.png)

header_2

 

4.  Refresh dan cek website anda kembali

Pada tahap ini seharusnya favicon sudah terpasang jika belum bisa muncul kemungkinan ada kesalahan pada lokasi tema yang anda pilih, cek ulang lalu ulangi dari langkah 1.

Selamat mencoba.

Wordpress

2 Responses so far.

  1. kaka says:

    oke sip