ALUR DATA

sharing and learning

Auto Enable Dan Disable Proxy External Di Mikrotik – Bagi para pengguna proxy eskternal di mikrotik pasti ada kalanya mengalami gangguan . Gangungan seperti crash squid, PC proxy server mati, terlalu banyak request yang masuk, dll. Jika hal tersebut terjadi otomatis kita tidak akan bisa terhubung ke internet karena proxy telah down. Hal ini disebabkan koneksi yang masuk terlebih dahulu melewati proxy baru  kemudian diteruskan ke client. Jika proxy eror makan koneksi pun akan eror (terputus).

Solusi dari permasalahan di atas adalah mematikan atau disable proxy tersebut sehingga koneksi tidak akan terhambat oleh proxy. Permasalahan disini adalah bagaimana jika kita tidak ada di tempat ketika proxy tersebut error ataupun mati?. Bagi pengguna mikrotik tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk permasalah tersebut.

Ciri – ciri dari proxy anda mati adalah :

1. Jika di ping ke ip proxy mengalami Request Time Out (RTO)

2. Muncul tulisan server not found ketika kita sedang browsing

Berikut cara auto enable dan disable proxy external di mikrotik :

1.  Pastikan settingan redirect proxy NAT sudah ada

1. cek transparent proxy

2.  Buka Tool – netwatch, lalu buat profile baru dengan menekan “+” di pojok kiri atas

2. buka netwatch

3.  Isikan ip host sesuai ip proxy anda

3. isikan host

4.  Buat script up (proxy langsung konek ketika up) dan pastikan pada find comment sesuai dengan coment yang ada di NAT (lihat langkah 1)

4. isikan up

5.  Buat script down (proxy langsung terputus ketika down) dan pastikan pada find comment sesuai dengan coment yang ada di NAT (lihat langkah 1)

 5. isikan down

 

Sekarang ada tidak perlu khawatir jika ingin bepergian jauh karena proxy sudah otomatis akan disable ketika pry tersebut mati atau error.

Proxy